Kamis, 10 Mei 2018

STEGEN TIDAK INGIN DI BANDINGKAN VALDES


Lotus-777.Blogspot.Com - Dalam sedekade terakhir, Barcelona selalu memiliki penjaga gawang utama yang loyal bermain selama bertahun-tahun. Sebelum memiliki Marc-Andre ter Stegen saat ini, Barca punya Victor Valdes dan Claudio Bravo. Dibanding Bravo yang hanya dua tahun berada di Camp Nou, Valdes lebih lama lagi, yaitu 12 tahun.

STEGEN TIDAK INGIN DI BANDINGKAN VALDES

Pada medio 2002-2014, sejak dipromosikan dari La Masia dan Barcelona B, Valdes selalu mengawal gawang Barcelona. Dalam kurun waktu tersebut, dengan gaya bermainnya sendiri, Valdes sukses meraih enam titel La Liga, dua Copa del Rey, enam Spanish Super Cup, dan tiga Champions League.

Cedera dan penurunan performa mengakhiri kisah cinta perjalanan Valdes bersama Barcelona. Klub tak memperpanjang kontraknya pada Januari 2014 dan Valdes pergi dengan status free transfer. Sepeninggal Valdes, Barca punya Bravo. Tapi, seiring ketertarikan Manchester City, serta usia Bravo yang tidak lagi muda, Barca pun melepasnya di tahun 2016 ke Man City.

Kepergian Bravo digantikan kiper asal Belanda, Jasper Cillessen. Namun, kepergiannya juga membuka jalan bagi Ter Stegen, yang datang di tahun 2014 dari Borussia Monchengladbach, untuk jadi kiper utama Barca. Sejak Bravo hengkang, posisi kiper asal Jerman berusia 26 tahun itu tak tergantikan di bawah mistar gawang klub.

Empat tahun berada di Catalunya, Ter Stegen telah meraih tiga titel La Liga, empat Copa del Rey, dan satu Champions League. Perbandingan antara Ter Stegen dengan Valdes pun tak terelakkan. Tapi, ia enggan dibandingkan dengan Valdes.

Dibanding Valdes yang punya tipikal gaya bermain kiper ortodoks, klasik dengan kemampuan dasar kiper: menangkap bola, menyapu bola di area berbahaya, dan tenang dalam duel satu lawan satu. Ter Stegen punya tipikal bermain kiper modern. Ia bisa turut terlibat membangun proses serangan dengan memainkan bola di kakinya, lalu mengopernya kepada rekan setim, tanpa perlu buru-buru menyapunya jauh ke depan.

Jika Valdes bermain selama 12 tahun untuk Barcelona, maka Ter Stegen kemungkinan besar bisa melebihinya. Bukan hanya karena dia sudah mematenkan status kiper nomor satu Barca, Ter Stegen juga konsisten bermain di level internasional bersama Timnas Jerman. Ia sudah punya 19 caps untuk Die Mannschaft dan diprediksi, akan dibawa Joachim Low ke Piala Dunia 2018, untuk menggantikan Manuel Neuer yang belum sepenuhnya fit bermain.