Kamis, 14 Februari 2019

Kontroversi VAR Menodai Kemenangan Madrid

Kontroversi VAR Menodai Kemenangan Madrid


LOTUS777 - Keberhasilan Madrid mengalahkan Ajax dengan skor 2-1 pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (14/2) dini hari WIB, dinodai dengan kontroversi offside setelah wasit berkonsultasi dengan VAR. Ajax sempat mencetak gol di babak pertama, tapi gol tersebut dianulir lantaran Dusan Tadic dianggap offside.

Pada menit ke-38, gol sundulan Nicolas Tagliafico dianulir setelah wasit meninjau ulang VAR. Wasit mengidentifikasi bahwa Dusan Tadic berada dalam posisi offside dan mengganggu pergerakan kiper - yang menghalangi kiper mendapatkan bola.

Mudahnya, meski tak menyentuh bola, Tadic dianggap mengganggu pergerakan Courtois untuk menjangkau bola. Terlebih, saat Tagliafico menyundul bola, Tadic berada dalam posisi offside. Inilah yang menjadi landasan keputusan wasit.

Keputusan ini menimbulkan kontroversi karena Tadic sebenarnya tak menyentuh bola. 

Mengutip Marca, menurut peraturan offside UEFA, ada dua kasus yang mencontohkan kenapa gol bisa dianulir ketika pemain lain mengganggu pergerakan pemain lawan.

Pertama adalah pemain yang berada dalam posisi offside dan langsung mengganggu sudut pandang kiper, meski dia tidak menyentuh bola. Kasus ini tak terjadi di laga tersebut, sebab Thibaut Courtois bisa melihat bola dengan jelas.

Wasit Damir Skomina tampaknya membuat keputusan berdasarkan posisi Tadic yang menghalangi Courtois untuk menjangkau bola. Keputusan ini murni keputusan wasit, soal apakah Courtois terganggu dengan posisi Tadic adalah hal berbeda, pada akhirnya gol itu tidak disahkan.