Kamis, 12 April 2018

'Chelsea Selalu Bisa Merespons Musim Buruk'


Lotus-777.Blogspot.Com - Musim ini berjalan buruk untuk Chelsea sebagai juara bertahan Premier League. Tak cuma gagal memburu gelar, The Blues juga terancam finis di luar empat besar.

Chelsea saat ini masih tertahan di posisi lima klasemen sementara dengan nilai 57 dari 32 pekan. Mereka tertinggal 10 poin dari Tottenham Hotspur di posisi empat dengan hanya enam pertandingan tersisa.

Mengejar Spurs bisa dibilang jadi misi hampir mustahil mengingat Chelsea masih inkonsisten. Dalam liga partai terakhir di liga, mereka cuma menang sekali, sekali berimbang, dan tiga kali kalah.

Satu-satunya kesempatan menyelamatkan musim tersedia di Piala FA, di mana mereka sampai di semifinal dan akan berhadapan dengan Southampton. Di kompetisi lainnya seperti Liga Champions dan Piala Liga Inggris, napas skuat asuhan Antonio Conte itu tak panjang.

Gagal finis di empat besar musim ini niscaya membuat Chelsea sulit bermanuver di bursa transfer. Tak tampil di Liga Champions sudah membuat posisi tawar Chelsea turun di antara tim-tim top, sebagaimana diakui eks manajer mereka, Avram Grant.

Namun Grant percaya Chelsea tetap akan mampu bangkit di musim depan, seperti yang terjadi pada dua musim lalu ketika finis ke-10 di liga. Di musim berikutnya, Chelsea langsung juara.

"Tentu saja itu akan memengaruhi mereka, karena para pemain top ingin bermain di Liga Champions. Tapi ini bukan pertama kalinya," ungkap Grant dikutip Sky Sports.

"Chelsea tak tampil di sana dua musim lalu dan bahkan di tahun di mana mereka juara Liga Champions, mereka finis keenam di Premier League."

"Ini bukan pertama kalinya. Tentunya hal tersebut akan memengaruhi mereka, tapi yang terpenting adalah bagaimana mereka bereaksi. Sampai sekarang, setelah mereka menjalani musim yang buruk, mereka bereaksi dengan sangat baik," tambahnya.

Selain dua musim lalu, Chelsea juga pernah menjalani musim buruk lainnya ketika cuma finis keenam di 2011/2012. Namun saat itu mereka juara Liga Champions.