Senin, 11 Juni 2018

5 Pemain Brasil di Manchester United

5 Pemain Brasil di Manchester United

Lotus-777.Blogspot.Com - Manchester United sudah mencapai kesepakatan untuk transfer Fred. Gelandang asal Brasil itu akan menuju Old Trafford dari Shakhtar Donetsk dengan biaya sekitar 47 juta pounds.

Dengan demikian, Fred akan menjadi pembelian pertama Jose Mourinho pada musim panas ini. Pemain berusia 25 tahun itu tentu diharapkan bisa meningkatkan kekuatan lini tengah Setan Merah.

Fred akan mengikuti jejak pemain Brasil lainnya yang bergabung dengan Setan Merah. Sebelumnya sudah ada beberapa pemain dari benua Amerika Selatan itu yang mengadu nasib di Old Trafford.

Berikut ini lima pemain Brasil yang pernah bermain di MU seperti dilansir Sportskeeda. (skd/ada)

1 dari 5
1. Kleberson
Kleberson
Juara Piala Dunia 2002 itu direkrut oleh Manchester United pada musim panas 2003, setahun setelah performa impresifnya di Korea Selatan dan Jepang. Rupanya, dia tidak ingin meninggalkan Brasil sebelumdia bisa menikahi pacarnya yang saat itu akan berusia 16 tahun.

Kleberson diharapkan bisa menggantikan Juan Sebastian Veron yang akan hengkang. Namun, pemain Brasil itu justru tidak sukses di sana. Dia mengalami cedera pada penampilan keduanya dalam seragam United dan tidak pernah terlihat bisa nyetel dan hanya membuat 12 penampilan di Premier League pada musim pertamanya.

Pada musim 2004/05 Kleberson sudah dianggap sebagai pemain gagal oleh mayoritas penggemar, dan setelah hanya membuat delapan penampilan di Premier League pada musim itu, dia dilepas ke Besiktas. Kleberson tidak pernah  bisa menampilkan performa yang sama ketika bermain di Piala Dunia sebelumnya dan selalu dianggap sebagai salah satu pembelian terburuk Sir Alex Ferguson.
2 dari 5
2. Anderson
Anderson
Anderson direkrut United dengan biaya sekitar 20 juta pounds dari Porto pada musim panas 2007. Baru berusia 19 tahun pada saat itu, Anderson diharapkan menjadi bintang masa depan Setan Merah. Apalagi, pemain asal Brasil itu tampil dalam 24 pertandingan di Premier League setelah kedatangannya.

Bahkan Anderson ikut mencetak gol dalam adu penalti di final Liga Champions saat United melanjutkan untuk mengalahkan Chelsea. Dengan demikian, Anderson memenangkan gelar Premier League dan Liga Champions pada musim pertamanya di Old Trafford.
Sayangnya, gelandang Brasil itu tidak pernah bisa memaksimalkan potensinya. Meski memenangkan empat gelar Premier League di United selama 7 setengah tahun, dia tidak pernah membuktikan dirinya sebagai pemain utama di Old Trafford karena performa buruk dan cedera.

Setelah Sir Alex Ferguson pensiun pada tahun 2013, Anderson tidak masuk dalam rencana David Moyes dan Louis van Gaal sehingga memutuskan pindah ke klub Internacional di pertengahan musim 2014/15.
3 dari 5
3. Fabio
Fabio
Fabio direkrut United bersama dengan saudara kembarnya Rafael dan mereka diharapkan bisa sepopuler dan sesukses Neville bersaudara di Old Trafford. Sayangnya, hal itu tidak pernah terjadi.

Fabio membuat debutnya untuk United pada musim panas tahun 2008 dalam pertandingan persahabatan, meskipun dia harus menunggu hingga musim berikutnya untuk masuk ke tim utama di Premier League. Setelah itu ia hanya membuat beberapa penampilan selama beberapa musim berikutnya, meskipun ia menjadi starter di final Liga Champions 2011 melawan Barcelona.

Setelah jarang tampil untuk United pada musim 2011/12, Fabio dipinjamkan ke QPR untuk musim 2012/13 memainkan 21 pertandingan di Premier League. Fabio ternyata tidak cukup bagus untuk menjadi bintang United dan akhirnya dijual ke Cardiff City pada Januari 2014.
4 dari 5
4. Rafael
Rafael
Rafael tiba di United pada saat yang sama dengan saudara kembarnya tapi ia mampu menembus tim utama lebih dulu ketimbang Fabio. Ia membuat 16 penampilan di Premier League pada musim 2008/09 dan dianggap sebagai penerus Gary Neville yang mulai melambat.

Selama beberapa musim berikutnya, Rafael tidak bisa menyamai level Neville dan mendapatkan reputasi sebagai pemain yang ceroboh. Ia diusir wasit pada leg kedua perempat final Liga Champions 2010 saat melawan Bayern Munchen dan insiden itu membuat Setan Merah tersingkir.

Meskipun begitu, Rafael mampu meningkatkan performanya dan menjadi pemain reguler Setan Merah sampai musim terakhir Sir Alex Ferguson di klub pada 2012/13. Tapi setelah Ferguson pensiun, performa yang tidak konsisten dan faktor cedera membuatnya dijual ke Lyon pada musim panas 2015.
5 dari 5
5. Andreas Pereira
Andreas Pereira
Pereira bergabung dengan United pada tahun 2011 saat usianya menginjak 15 tahun. Meskipun begitu, ia baru membuat 13 penampilan di semua ajang kompetisi untuk Setan Merah.

Pemain Brasil itu merupakan anak dari mantan pemain Brasil Marcos Pereira dan bisa bermain untuk Belgia karena lahir di Duffel. Pereira dinobatkan sebagai yang terbaik di tim U-21 pada musim yang sama saat ia membuatnya debutnya di Premier League untuk Setan Merah.

Sejak saat itu kesempatan bermainnya sangat terbatas dan hanya dimainkan dalam beberapa pertandingan pada musim 2015/16. Pereira kemudian menghabiskan dua musim dengan status pinjaman di La Liga bersama Granada dan terakhir Valencia.