Minggu, 24 Maret 2019

Wow, Ezra Walian Main Bola Sejak Umur 4 Tahun! Ini Manfaat Rutin Gocek Bola

Wow, Ezra Walian Main Bola Sejak Umur 4 Tahun! Ini Manfaat Rutin Gocek Bola

LOTUS777 - Ezra Walian ternyata hobi main bola sejak berusia 4 tahun. Hal ini ia utarakan pada detikSport dalam wawancara beberapa waktu silam. Di umur empat tahun ia sudah masuk sebuah klub sepakbola lokal. Minatnya pun berkembang, bakatnya semakin terlihat.

"Saya memang melihat anak saya sangat potensial. Selama berkompetisi di levelnya, dia sudah mencetak ratusan gol. Saya rasa, sudah saatnya dia diberi kesempatan lebih untuk menapak ke jenjang yang lebih tinggi," kata Glenn Walian, ayah dari Ezra Walian.


Bermain sepak bola memberikan manfaat yang menyenangkan bagi 
tubuh dan juga otak. Dikutip dari Irish Examiner, pemain sepak bola rata-rata berlari sepanjang 8-11 km dalam satu pertandingan. Karena waktu istirahat yang sedikit, sepak bola merupakan olahraga kardiovaskular yang baik.

Selain itu, untuk kekuatan otot tak usah diragukan lagi. Untuk menendang dan mengoper bola, menyerang, bertahan, dan lain-lain, banyak otot yang digunakan dalam bermain sehingga hampir seluruh otot tubuh dilatih dan dibangun.

Selain itu, penelitian oleh Peter Krustrup dari University of Southern Denmark, mengatakan bahwa main bola berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah setara dengan lari dan zumba. Rutin main bola memuat kadar kolesterol lebih rendah, tekanan darah terjaga, dan denyut jantung saat istirahat lebih baik.

"Main bola bermanfaat untuk semua orang dari berbagai kalangan, jenis kelamin, usia hingga kebugaran. Tak perlu punya teknik yang hebat, main bola untuk rekreasional saja sudah memiliki manfaat baik," ujar Krustrup yang merupakan pakar kesehatan olahraga, dilansir Reuters.