Jumat, 22 Maret 2019

Beda Nasib Ezra Walian dengan 10 Pesepak Bola Top Dunia yang Bisa Membela 2 Timnas

Beda Nasib Ezra Walian dengan 10 Pesepak Bola Top Dunia yang Bisa Membela 2 Timnas

LOTUS777 - benar-benar bernasib apes. Saat banyak pesepak bola di berbagai negara bisa berganti kewarga negaraan, untuk kemudian membela timnas berbeda di aiang internasional, penyerang blasteran Belanda-Indonesia justru diban FIFA tidak boleh tampil memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 .
Kepastian status Ezra didapatkan setelah FIFA memberikan balasan surat kepada PSSI mengenai status penyerang naturalisasi tersebut.
Hal ini bermula dari Match Coordination Meeting (MCM) Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang dilakukan di Hanoi, Vietnam, Kamis (21/3/2019). Ezra Walian tak bisa didaftarkan ke dalam 23 pemain Timnas Indonesia U-23 karena terganjal urusan administrasi, yakni sang pemain tercatat pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.
AFC telah menyatakan konsultasi dengan FIFA terkait status Ezra. Hasilnya, FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra untuk tampil bersama Timnas Indonesia dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.
"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.
"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengakui kabar tersebut. Arsitek Timnas Indonesia U-23 asal Sumatra Barat ini mengonfirmasi kabar tersebut. "Iya, benar." ujar Indra Sjafri melalui pesan singkat kepada Bola.com.
Belum jelas hal-hal administratif apa yang membuat Ezra Walian tak bisa tampil memperkuat Timnas Indonesia U-23, setelah sebelumnya ia memperkuat Timnas Belanda U-17.
Realitanya di pentas persaingan sepak bola internasional, banyak pemain yang membela dua timnas sekaligus.
Negara yang diperkuat seorang pemain sepakbola tidak hanya berdasarkan tempat kelahirannya saja. Ada berbagai faktor seorang pemain bisa memperkuat suatu negara.
Mulai dari keturunan kedua orang tuanya, hingga berapa lama dia tinggal di negara yang bersangkutan. Mengenai kasus ini, banyak pemain sepak bola yang memperkuat dua timnas berbeda. Siapa-siapa saja mereka?