Rabu, 12 Juni 2019

Yordania vs Indonesia: Skuat Garuda Tumbang 1-4


LOTUS777  -  Amman Timnas Indonesia menjalani laga uji coba dengan hasil yang tidak oke. Skuat Garuda tumbang 1-4 di maksa Yordania.

Bermain di Stadion King Abdullah II, Amman, Selasa (11/6/2019), Yordania langsung menekan sisi kanan pertahanan Indonesia.

Yordania mendapat peluang emas di menit kelima. Kegagalan Yanto Basna dalam memotong bola membuat pemain Yordania leluasa mengontrol bola di kotak penalti. Bola di arahkan ke depan gawang, namun tembakan lawan masih melambung di atas gawang Andritany Ardhiyasa.

Indonesia baru bisa mengancam di menit ke-12. Dedik Setiawan melakukan penetrasi ke sisi kanan kotak penalti lawan dan melepas tembakan dari sudut sempit, namun bola masih mengenai sisi jaring gawang.

Yordania membuat Andritany kerja keras di menit ke-20. Bahaa Faisal melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti. Bola masih bisa ditepis oleh kiper asal Persija Jakarta tersebut.

Di menit ke-23, Bahaa Faisal akhirnya sukses merobek gawang Andritany. Umpan lambung berhasil diteruskan lewat tembakan first time dari sudut sempit. 1-0 Yordania memimpin.

Tertinggal satu gol, Indonesia mulai berani melakukan tekanan dengan memainkan umpan-umpan pendek, yang dialirkan ke sisi lapangan. Beberapa kesempatan, Rizky Pora dan Riko Simanjuntak mampu masuk ke sepertiga pertahanan lawan, namun kandas saat ingin masuk ke kotak penalti.

Belum ada peluang bersih dari kedua tim sampai menit ke-40. Yordania, yang mampu mengontrol permainan kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Indonesia.

Yordani memperbesar skor menjadi 2-0 di menit ke-42. Ahmed Ersan mendapat momentum untuk melepas tembakan setelah melewati Yanto Basna yang terpelesat. Bola meluncur deras ke sisi kiri bawah gawang Andritany.

Tak ada tambahan gol di babak pertama. Indonesia tertinggal 0-2 dari Yordania.

Yordania nyaris memperbesar keunggulan saat babak kedua baru berjalan empat menit. Altamari melepaskan tembakan dari depan kotak penalti usai menerima umpan dari Bahaa, namun bola melebar dari target.

Dua peluang emas didapat Yordania pada menit ke-56. Sundulan Altamari membentur tiang dan bola liar berhasil disambar Ahmed Samer, namun mampu diblok oleh Achmad Jufriyanto.

Gawang Indonesia untuk ketiga kalinya dibobol oleh Yordania. Untuk kali ini lewat tembakan Yousef Al Rawashdeh usai memanfaatkan umpan Ahmed Samir.

Yordania menambah keunggulan menjadi 4-0 di menit ke-79. Bola hasil dari tembakan melengkung Hamza Al Dardoor gagal dijangkau oleh Andritany.

Indonesia baru bisa memperkecil kekalahan menjadi 1-4 di menit ke-86 lewat titik penalti. Alberto Goncalves maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan kiper Yordania.

Skor tersebut bertahan hingga laga tuntas. Indonesia selanjutnya akan menghadapi Vanuatu pada 15 Juni mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Susunan Pemain:

Yordania: Amer Shafi, Y Arab, T Khattab, I Hadad, F Shelbayeh, Alrahman, Ateyah, Ahmed Ersan, Ahmed Samer, Altamari, Bahaa Faisal.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Rudolof Yanto Basna, Achmad Jufriyanto, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi (Novri Setiawan 46'), Rizki Pellu, Evan Dimas Darmono, Rizky Pora, Riko Simanjuntak (Alberto Goncalves 57'), Ramdani Lestaluhu (Andik Vermansah 45'), Dedik Setiawan.